Puji dan syukur saya
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan bimbingan-Nya
makalah Grafik Komputer & Pengolahan Citra yang bertema “ perbedaan
antara Ilmu Grafik Komputer & Pengolahan Citra“
Makalah ini disusun
untuk memenuhi tugas mata kuliah Grafik Komputer & Pengolahan Citra.
Saya menyadari makalah ini belum sempurna. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca, demi kesempurnaan pembuatan makalah ini di hari yang akan datang. Saya ingin mengucapkan terima kasih pada beberapa pihak yang telah berjasa dalam penyusunan makalah ini. Semoga Tuhan membalas kebaikannya dengan berkat yang lebih besar. Terima kasih.
Saya menyadari makalah ini belum sempurna. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca, demi kesempurnaan pembuatan makalah ini di hari yang akan datang. Saya ingin mengucapkan terima kasih pada beberapa pihak yang telah berjasa dalam penyusunan makalah ini. Semoga Tuhan membalas kebaikannya dengan berkat yang lebih besar. Terima kasih.
Akhirnya kami berharap
semoga makalah ini bermanfaat khususnya bagi kami dan umumnya bagi pembaca.
BAB I
Perlu di ketahui bahwa
dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari grafik komputer dan
mungkin pengolahan citra .Grafik komputer sendiri mempunyai banyak manfaat dan
ilmu yang sangat cepat berkembang pada saat ini dan mungkin masa depan.
Perkembangan ini didukung oleh munculnya prosesor-prosesor komputer yang cepat
dan kartu grafik yang semakin canggih dan hebat.
Sebelum membahas
tentang maanfaat ilmu grafik komputer dan pengolahan citra, saya akan
menjelaskan pengertianya. Yaitu pengertian grafik yang berbeda dengan citra,
citra adalah gambar yang diperoleh dengan alat pengambilan gambar (seperti :
mata manusia, kamera, scanner, sensor satelit, dll). Sedangkan grafik adalah
gambar yang dibuat dengan cara tertentu.
Adapun teori dan
landasan di dalam penulisan Makalah kami ini adalah sebagai berikut :
1. Pengertian
Ilmu Grafik Komputer & Pengolahan Citra
2. Perbedaan
Ilmu Grafik Komputer dengan Pengolahan Citra
Dari uraian di atas
kami akan semaksimal mungkin untuk menjelaskan definisi – definisi dan
perbedaan Ilmu Grafik Komputer & Pengolahan Citra .
Berdasarkan Penjelasan
Latar belakang di atas di dalam Penulisan Makalah, akan kami angkat
permasalahan, yang terdapat mengenai isi di dalam makalah yang tercantum
di bawah ini :
1. Pengertian
Ilmu Grafik Komputer & Pengolahan Citra ?
2. Perbedaan
Ilmu Grafik Komputer & Pengolahan Citra ?
Ilmu Grafik Komputer
atau grafika computer (computer graphics) merupakan proses untuk menghasilkan
atau menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar-belakang
yang terkandung pada gambar tersebut dengan menggunakan komputer. Bentuk dari
grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk
sederhana dari grafik komputer yang kemudian berkembang menjadi grafika
komputer 3D.
Ilmu komputer mempunyai
dua cabang ahli yaitu pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan
pola (pattern recognition). Grafik komputer sering dikenal juga dengan
istilah visualisasi data. Bagian dari grafika komputer meliputi:
1. Geometri
: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi
: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3. Rendering
: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4. Citra
(Imaging) : mempelajari cara pengambilan dan
penyuntingan gambar.
Contoh Penerapan Grafik
Komputer
1.
Video Game
Video game adalah
permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan
umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di
pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi,
dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari
yang yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console,
hingga mobile
devices.
devices.
Contoh : dota 2
Dalam teknologi game,
Grafik Komputer bertujuan menghasilkan citra (lebih tepat disebut grafik atau
Picture) dengan primitif -primitif geometri seperti garis, lingkaran, dan
sebagainya. Primitif-primitif geometri tersebut memerlukan data deskriptif
untuk melukis elemen-elemen gambar. Contoh data deskriptif adalah koordinat
titik, panjang garis, jari-jari lingkaran, tebal garis, warna, dan sebagainya.
Grafika komputer memainkan peranan penting dalam visualisasi dan virtual
reality. Sedangkan Pengolahan Citra ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas
citra pada grafik agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau mesin (dalam hal
ini komputer). Bentuk sederhana dari keduanya adalah grafika komputer 2D yang
kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image
processing).
2. Bidang
Pendidikan
Grafik komputer pada
pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara
nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
3.
Fotografi
Bidang Fotografi,
kemajuan dibidang fotografi membri dampak pada bidang-bidang astronomi,
photogrametry, dan fisika partikel. Para astronom dapat melakukan pengukuran
terhadap posisi dan jarak suatu bintang dari foto udara. Para fisikiawan
menggunakan citra dari gelembung hydrogen untuk melakukan penelitian dan telah
mengantarkan kepada penemuan berbagai partikel dasar.
4.
Film
Pengolahan Citra Digita
dalam dunia film: Dimanfaatkan untuk menghaluskan gambar menajamkan, memberi
efek terang. Memberi kesan timbul,memberi efek morphing dan lain-lain.
Contoh : film up
Sumber gambar : https://tripuspitarini.files.wordpress.com/2013/11/up.jpg
Pengolahan Citra (Image
Processing) merupakan proses memperbaiki kualitas citra agar mudah
diinterpretasi oleh manusia atau komputer. Teknik pengolahan citra dilakukan
dengan mentrasformasikan citra menjadi citra lain, misalnya: pemanfaatan
citra (image compression). Pengolahan citra merupakan proses awal
(preprocessing) dari komputer visi. Pengelompokkan data numerik dan simbolik
(termasuk citra) dilakukan secara otomatis oleh komputer agar suatu objek dalam
citra dapat dikenali dan diinterpreasi. Pengenalan pola adalah tahapan
selanjutnya atau analisis dari pengolahan citra. Citra ada 2 macam:
1. Citra
Kontinyu. Dihasilkan dari sistem optik yang menerima sinyal
analog. Contoh: mata manusia, kamera analog.
2. Citra
Diskrit / Citra Digital dibentuk dari pixel-pixel yang tergabung dalam
satu kesatuan yang membentuk sebuah citra yang hanya dapat dibuka dengan
komputerisasi.
Contoh pengolahan citra
dalam kehidupan sehari – hari :
1. Bidang
kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk
mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.
Sumbergambar:http://1.bp.blogspot.com
2. Bidang
visual, bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan
lain-lain.
Gambar 7 Contoh Gambar
yang di ambil oleh Satelite
3. Mikroskop
elektron adalah salah satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang
kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop
yang dapat memperbesar detail sangat kecil dengan kekutan sehingga
menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya.
Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari
mikroskop elektron yaitu digunakan dalam patologi anatomi. Patologi
anatomi ini berfungsi untuk mengindentifikasi organel dalam sel namun
kegunaanya telah sangat dikurangi dengan immunhistochemistry tetapi masih tak
tergantikan untuk diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia
immotile dan banyak tugas-tugas lainnya.
Berdasarkan tujuan
transformasi operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
· Perbaikan
kualitas citra (image enchacement) tujuan memperbaiki kualitas citra
dengan memanipulasi parameter-parameter citra.
· Pemugaran
citra (image restoration) tujuan menghilangkan cacat pada citra.
Dengan hal ini penyebab degradasi citra diketahui.
· Pemampatan
citra (image compression) tujuan citra direpresentasikan dalam bentuk
lebih kompak, sehingga dapat mempertahankan kualitas gambar dengan memori yang
lebih sedikit (misalnya .BMP menjadi .JPEG).
· Segmentasi
citra (image segmentation) tuuan memecah sutu citra ke dalam beberapa
segmen dengan suatu criteria tertentu.
· Analisis
citra (image analysis) tujuan menghitung besaran kuantitatif dari
citra untuk menghasilkan deskripsinya.
· Rekontruksi
citra (image reconstruction) tujuan membentuk ulang objek dari
beberapa citra hasil proyeksi.
Perbedaan antara grafik
komputer dengan pengolahan citra adalah dalam grafik komputer dilakukan proses
untuk menghasilkan suatu gambar dari awal dengan menggunakan komputer. Bentuk
sederhana dari grafik computer adalah garfik computer 2D kemudian berkembang
menjadi grafik computer 3D, pemrosesan citra / image processing dan
pengenalan pola / pattern recognition, contoh : membuat citra
realistik untuk seni, game komputer, foto, animasi komputer, dll).
Sedangkan pengolahan
citra, gambar di input ke dalam proses pengolah citra / gambar yang sudah
tersedia sehingga mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer dengan
melakukan transformasi suatu citra menjadi
citra baru yang lain.
Demikianlah makalah
yang saya buat tentang Grafik Komputer dan Pengolahan Citra. Banyak hal
yang belum terdokumen dalam makalah ini, kritik dan dan saran buat kelengkapan
makalah ini, sangat saya harapkan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya.
Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan. Atas perhatiannya
saya mengucapkan terima kasih
Daftar Pustaka
0 komentar:
Posting Komentar